Search Result  ::  Save as CSV :: Back

Search Result

Found 134729 Document(s) match with the query
cover
Rifky Indrajid
"Semakin pesatnya pertumbuhan bisnis pusat perbelanjaan menandakan meningkatnya daya beli masyarakat di dalam negeri. Hal ini mendapat perhatian serius dari para retailer produk dan jasa kebutuhan masyarakat untuk membuka gerai-gerai di setiap mal yang dinilai strategis. Dengan demikian pihak manajemen gedung mal Cibubur Junction merasa hal ini sebagai tantangan untuk bagaimana bisa memenangkan perhatian tenant baru untuk membuka gerainya di mal Cibubur Junction maupun tenant lama agar merasa puas dan loyal terhadap mal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan dan menganalisis pemahaman manajemen mal CJ, khususnya divisi tenant relations terhadap konsep Customer Relationsship Management (CRM) serta upaya-upaya komunikasi yang dilakukan dalam kegiatan penerapan (CRM) dan Mengkaji persepsi tenant terhadap penerapan konsep CRM di mal Cibubur Junction dalam upaya peningkatan loyalitas tenant terhadap mal Cibubur Junction. Penelitian ini menggunakan konsep pendekatan CRM oleh James G. Barnes, dimana penerapan pendekatan CRM diawali dengan penciptaan nilai yang akan memunculkan kepuasan, ketahanan dan pada akhirnya akan meraih apa yang menjadi tujuan utama CRM yaitu loyalitas pelanggan, dengan penekanan pada penciptaan hubungan bisnis yang personal dan emosional. Penelitian menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi sebagai data primer. Data sekunder didapatkan dari studi literatur, studi pustaka dan melalui situs internet. Informan yang dipilih berjumlah empat orang, dua orang dari tenant, dan dua orang lagi dari divisi tenant relations mal CJ. Tenant dalam mal CJ dikategorikan kedalam tiga jenis, yaitu end-core, basic-permanent tenant dan casual leasing. Dalam penelitian ini informan yang dipilih hanya dari kategori end-core dan basic-permanent tenant. Triangulasi dilakukan dengan mewawancara pakar humas dan pemasaran, Silih Agung Wisesa. Berdasarakan analisis data yang diperoleh, dapat dijelaskan bahwa mal CJ telah menerapkan konsep CRM untuk meraih loyalitas pelanggan, yang dilakukan oleh divisi tenant relations sebagai ujung tombak hubungan langsung dengan tenant Upaya-upaya komunikasi yang dilakukan adalah melakukan approach terhadap tenant baru yang akan segera membuka usahanya di mal CJ. Selain upaya tersebut, bentuk komunikasi lainnya adalah melakukan brainstorming baik terhadap terhadap tenant baru maupun tenant yang sudah ada. Untuk tenant baru, interaksi komunikasi yang dilakukan seperti pendiskusian bentuk dan design toko, juga pemberian informasi secara terperinci akan kewajiban tenant dan hak-hak tenant untuk promosi gratis di setiap bulan. Sedangkan untuk tenant yang sudah ada, upaya-upaya komunikasi yang dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan rutin tehadap tenant untuk mempromosikan event yang akan diselenggarakan mal dan mengajak untuk bekerjasama dalam event tersebut untuk sekaligus mempromosikan produk-produk atau jasa dari tenant tersebut. Penerapan konsep CRM ini dilakukan sesuai dengan tahapan pencapaian loyalitas yang ada pada konsep CRM James G. Barnes, yaitu penekanan pada penciptaan hubungan kekeluargaan dengan upaya komunikasi dengan tenant. Kesimpulannya, mal CJ dalam penerapan CRM hanya fokus pada tenant dengan kategori end-core tenant dibandingkan dengan basic-permanent, karena sesuai dengan pernyataan dari divisi tenant relations bahwa end-core tenant merupakan tenant besar yang dapat meningkatkan citra mal CJ. Manajemen mal CJ tidak memiliki divisi humas, tetapi fungsi humas dilakukan oleh divisi tenant relations.

The vast increasing of the domestic buying attitude in society has been affecting the massive growth of shopping center nowadays. This is obviously has attracted seriously by the retailer to broaden their business network in shopping center which seems to be the placed on a strategic area. Cibubur Junction mal, as one of the biggest mall in the east Jakarta has been the main meeting point at Cibubur area. The building management of Cibubur Junction Mall find it as a potential challenge to win and gathered more tenant attention, so that they will start their business at the Mall, as well as the existing tenants, to make them as loyal tenants. The main purpose of this research is to describe and analyze the understanding building management, especially the tenant relations divisions about the Customer Relationship Management (CRM) concept, as well as the communications effort in the application of CRM concept; also the tenant perceptions about the CRM application at the mall in the purpose of gaining the loyality phase of tenants toward the Cibubur Junction Mall. The research is using the CRM concept by James G.Barnes, where the CRM started with the creations of customer values which will generates customer satisfactions, then followed with cutomer retentions and finally get the main purpose of CRM which is the loyality of the customers This research is using the constructivism paradigma, with qualitative approach. The prime data collection method conducted with in-depth interviews and observation. The secondary data collected by references and books, also websites. The informans of this research were devided into 2 parts, the first part is from the tenant relations division, and another part came from the tenants. In cibubur junction mall, tenants are devided into three categories; end-core, basic permanent and casual leasing. In this case, only end-core and basic permanent tenants used due to the credibility level of the informan base on this research. The triangulations phase conducted with interviewing one of the PR and marketing expert, Mr. Silih Agung Wasesa. Based on the data collected, it shows that the mall has been using the CRM approach in running its business due to get the loyality of its tenants, which is conducted by the tenant relations divisions. The communication approaches conducted are visiting the tenants regularly as well as brainstorming the ideas of the building events related to each tenants in order to increase the visitor of the mall as well as the selling of the existing tenants. For the new comers, the communications approach starts exactly when the new tenant is about to open their new store, especially the design and style of the store in particular. There are also hospitality efforts that only conducted for the end-core tenants to show appretiation to maintain good relations. The applications of CRM concept conducted by following the phases within the concept of loyality by James G. Bames book, which emphasizing in good family relationship with the communications efforts to the tenants. In conclusions, the CRM applications in cibubur junction mall, has only been focusing to the end-core tenants rather than basic-permanent. The reason is that the end-core tenant are more likely profitable and potential in gaining more visitors and good image toward the mall. Cibubur junction mall does not have PR divisions, so that the PR functions conducted by the tenant relations division."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sunda Kayo, 2006
S-pdf
Uni Sunkay - Skripsi Open  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Bayu Medina
"Tesis ini membahas perlindungan konsumen atas iklas tariff jasa telekomunikasi seluler di Indonesia. Latar belakang tesis ini adalah maraknya peran iklas terif jasa telekomunikasi seluler di Indonesia. Langkah awalnya adalah dengan melihat peraturan perundang-undangan yang terkait dengan iklan tarif jasa telekomunikasi seluler. Dari pengaturan-pengaturan tersebut, kemudian dilihat bentuk-bentuk iklas tariff jasa telekomunikasi yang di informasikan kepada masyarakat dan bentuk-bentuk iklan yang merugikan konsumen. Atas iklan tarif jasa telekomunikasi seluler yang merugikan konsumen dapat diminta pertanggungjawaban. Atas iklan tariff jasa telekomunikasi seluler yang diinformasikan kepada masyarakat dilakukan pengawasan oleh pemerintah, penelitian yuridis normatif yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menyarankan agar dapat dibentuk sebuah undang-undang yang mengatur secara khusus tentang jasa telekomunikasi seluler yang jelas. Selain itu juga diperlukan perbaikan kinerja terhadap lembaga yang diamanatkan untuk melindungi konsumen atas iklan oleh self regulasi yang efektif"
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Sunda Kayo, 2008
T 25186
Uni Sunkay - Tesis Open  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Hue, Mei
"本书包括:简明古代服饰史、衣冠之治、丝的传奇、原生态服饰之美、近现代服饰风潮等内容。"
Public: Intercontinental Press, 2010
SIN 391.008 HUE c
Buku Teks  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Fakhira Fiyanti Putri
"Pertumbuhan kinerja industri alas kaki yang positif dengan permintaan alas kaki domestik yang terus meningkat menjadi peluang besar bagi para usaha mengembangkan bisnisnya di bidang alas kaki, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Seiring dengan dorongan pemerintah terhadap digitalisasi UMKM, semakin bertambahnya UMKM alas kaki yang memasarkan produknya melalui e-commerce. Hal tersebut mengakibatkan peningkatan persaingan antar UMKM alas kaki di e-commerce dalam memenangkan kompetisi bisnis. Salah satu upaya dalam mempertahankan keuntungan jangka panjang berupa penerapan customer relationship management untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pelanggan melalui segmentasi pelanggan berdasarkan Customer Lifetime Value (CLV) dengan pendekatan model Length, Recency, Frequency, Monetary (LRFM) dan merumuskan serta menentukan strategi retensi pelanggan. Penelitian ini berfokus pada segmentasi pelanggan sepatu kulit sebagai volume produk terbesar dalam UMKM Alas Kaki tersebut. Pada tahap awal, metode K-Medoids clustering digunakan untuk mengelompokkan pelanggan dengan menggunakan model LRFM sehingga dapat menghitung CLV pada tiap segmen pelanggan. Tiap klaster tersebut dianalisis karakteristiknya berdasarkan model LRFM, CLV, dan pemetaan klaster pada Customer Value Matrix (CVM). Strategi retensi pelanggan dirumuskan dan ditentukan prioritasnya sesuai karakteristik klaster yang terbentuk menggunakan metode Complex Proportional Assessment (COPRAS). Penelitian ini menghasilkan 3 klaster pelanggan yang terbentuk dan 7 rekomendasi strategi peningkatan loyalitas pelanggan dengan tiga prioritas teratas pada tiap klaster.

The positive performance growth of the footwear industry with the increasing demand for domestic footwear is a great opportunity for businesses to develop their business in footwear, including Micro, Small and Medium Enterprises. Along with the government's encouragement of the digitalization of MSMEs, more and more footwear MSMEs are marketing their products through e-commerce. This has resulted in increased competition among footwear MSMEs in e-commerce in winning business competitions. One of the efforts in maintaining long-term profits is the implementation of customer relationship management to increase customer loyalty. Therefore, this research aims to identify customer characteristics through customer segmentation based on Customer Lifetime Value (CLV) with the Length, Recency, Frequency, Monetary (LRFM) model approach and formulate also determine customer retention strategies. This research focuses on segmenting leather shoe customers as the largest volume of products in this company. In the initial stage, the K- Medoids clustering method is used to group customers using the LRFM model so as to calculate CLV in each customer segment. Each cluster is analyzed for characteristics based on the LRFM model, CLV, and cluster mapping on the Customer Value Matrix (CVM). Customer retention strategies are formulated and prioritized according to the characteristics of the clusters formed using the Complex Proportional Assessment (COPRAS) method. This research resulted in 3 customer clusters formed and 7 recommendations for strategies to increase customer loyalty with the top three priorities in each cluster."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Sunda Kayo, 2023
S-pdf
Uni Sunkay - Skripsi Membership  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Pasaribu, Eudia Meithilda Maria
"Pandemi COVID-19 memicu maraknya tren pembelian pakaian bekas dengan kualitas baik dan harga terjangkau yang dikenal dengan istilah Thrift Shopping. Bukan hanya dilakukan secara luring, namun juga secara daring didukung oleh perkembangan jumlah Thrift Shop daring yang ada. Dengan demikian, terjadi persaingan yang mengakibatkan dibutuhkan adanya daya saing yang tinggi dari suatu Thrift Shop untuk dapat memenangkan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi customer-centric untuk setiap segmen pelanggan berdasarkan Customer Lifetime Value (CLV) dalam lingkup Customer Relationship Management (CRM) dengan menggunakan pendekatan model Length, Recency, Frequency, dan Monetary (LRFM). Metode K-Means Clustering digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan yang menghasilkan empat klaster dan nilai CLV digunakan untuk menentukan nilai dari setiap klaster pelanggan dengan variabel LRFM. Kemudian pemetaan klaster menggunakan Customer Value Matrix (CVM) dilakukan untuk memastikan karakteristik klaster pelanggan. Nilai CLV juga digunakan sebagai bobot pengukuran untuk melakukan pemeringkatan dengan TOPSIS pada delapan alternatif strategi yang diusulkan.

COVID-19 pandemic has sparked a trend of buying used clothes with good quality and affordable prices known as Thrift Shopping. Not only done offline, but also online supported by the growth in the number of existing online Thrift Shops. Thus, competition occurs which results in the need for high competitiveness from a Thrift Shop to be able to win the market. This study aims to design a customer-centric strategy for each customer segment based on Customer Lifetime Value (CLV) within the scope of Customer Relationship Management (CRM) using the Length, Recency, Frequency, and Monetary (LRFM) model approach. The K-Means Clustering method is used to segment customers which results in four clusters and the CLV value is used to determine the value of each customer cluster with the LRFM variable. Then cluster mapping using the Customer Value Matrix (CVM) is carried out to ascertain the characteristics of the customer clusters. The CLV value is also used as a measurement weight for ranking with TOPSIS on the eight proposed alternative strategies."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Sunda Kayo, 2022
S-pdf
Uni Sunkay - Skripsi Membership  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Mutia Imro Atussoleha
"Persaingan untuk dapat unggul dibandingkan dengan kompetitor terjadi sangat kompetitif pada industry consumer goods. Strategi bisnis dan pemasaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk menjadi keunggulan bersaing, dimana strategi harus fokus kepada tujuan jangka panjang. Loyalitas konsumen merupakan faktor yang dapat memengaruhi profitabilitas perusahaan sebagai tujuan bisnis.
Penelitian ini menganalisis implementasi Customer Relationship Management (CRM) sebagai strategi yang fokus kepada hubungan jangka panjang antara perusahaan dan konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada industri consumer goods. Implementasi Lactamil Mama Care dari PT. Sarihusada, Danone Indonesia merupakan objek yang digunakan untuk studi kasus.
Penelitian ini bersifat konklusif-deskriptif dengan desain single cross sectional. Penelitian ini terdiri dari 9 hipotesis dan 290 responden yang telah memenuhi syarat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CRM memengaruhi positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Selain itu, reputasi perusahaan, kepuasan konsumen, dan kepercayaan konsumen juga memengaruhi positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Implikasi manajerial diberikan untuk meningkatkan performa perusahaan.

Massive competition occurred in consumer goods industry when every company try to become superior to other competitors. Effective business and marketing strategy is needed to become a competitive advantage and that strategy must be focus on long term objective. Customer loyalty is the important factor that influences profitability as main objective of the company.
This study analyzed Customer Relationship Management (CRM) implementation as strategy that focus on long term relationship between company and customer that impact to the customer loyalty in consumer goods industry. Lactamil Mama Care implementation from PT. Sarihusada, Danone Indonesia was the object of this case study.
This is the conclusive - descriptive study with single cross sectional design study. This study consist of 9 hypothesis with 290 qualify respondents.
Results of this study shows that CRM implementation is positively and significantly influence customer loyalty. Besides that, corporate reputation, customer satisfaction, and customer trust are also positively and significantly influence customer loyalty. Managerial implications are offered to the company for improving the business performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sunda Kayo, 2014
T-Pdf
Uni Sunkay - Tesis Membership  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Arnold Joseph Pakan
"Perkembangan persaingan dalam bisnis saat ini tidak hanya berfokus pada kualitas produk atau layanan yang disediakan. Persaingan dimulai dari bagaimana mereka mempromosikan nama dan merek mereka melalui media sosial untuk meningkatkan kesadaran pasar terhadap merek melalui beberapa jenis strategi. Meskipun demikian, metode promosi dalam perusahaan bisnis ke bisnis (B2B) cukup berbeda dibandingkan dengan perusahaan bisnis ke konsumen (B2C). Studi ini berfokus pada menentukan strategi pemasaran yang paling sesuai untuk meningkatkan kesadaran merek dan menciptakan loyalitas pelanggan di perusahaan B2B, dalam hal ini akan dilakukan pada Andika Broker yang beroperasi di bidang asuransi. Penelitian yang digunakan pada proses business coaching ini adalah penelitian kualitatif yang dimana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang yang bertanggung jawab di setiap divisi terkait, observasi selama operasional, dan survei online kepada responden yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah terkait peningkatan kesadaran merek dan menciptakan interaksi dengan pelanggan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Memahami strategi pemasaran yang tepat dan alat pemasaran yang diperlukan dalam pasar B2B memiliki nilai yang besar bagi akademisi dan industri. Penelitian ini Marketing Mix, Analisis STP, Analisis VRIO, Analisis PESTEL, Analisis Lima Kekuatan Porter, Analisis SWOT, Analisis GAP, dan Analisis Pareto. Penelitian ini menghasilkan penemuan dimana dalam bisnis B2B di bidang pialang asuransi, sebuah perusahaan juga harus membangun kesadaran dengan relasi pada user.

The development of competition in businesses nowadays is not just competing within the quality of the products or services they provide. The competition starts from how they promote their names and brands through social media to increase the market awareness towards the brand through several types of strategy. Nevertheless, the methods of promotion in business-to-business company are quite different compared to business to consumer company. The study focuses on determining the most suitable marketing strategy to increase brand awareness and generating customer loyalty in a B2B company, in this case will be conducted in Andika Broker which operate in the insurance line of business. This research was conducted using the qualitative research methods which the data were collected through in-depth interviews with the person in charge in every division related, observation during the operation, and online surveys to the target respondents. This study aims to analyze problems related to increasing brand awareness and creating customer interaction to improve relationships with the customers. Understanding the appropriate marketing strategy and marketing tools needed in a business-to-business market is of great value for academia and the industry. This research uses Business Model Canvas, Marketing Mix Analysis, STP Analysis, VRIO Analysis, PESTEL Analysis, Porter’s Five Forces Analysis, SWOT Analysis, GAP Analysis, and Pareto Analysis. The findings in this research indicates that it is important for insurance brokerage company to focus on building awareness and relationships with the end user."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sunda Kayo, 2023
T-pdf
Uni Sunkay - Tesis Membership  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Aryo Andrashmara Jaya Wardhana Pradipta
"ABSTRACT
The purpose of this study is discover in which is more effective in providing a better store concept value when a store uses a customer focused strategy or a brand focused strategy. In combination with the relationship used in the strategy, which will result in a more effective combination between the relationship of communal or exchange. This research was completed with Goods Dept being one of the stores that has frequent remodelling in the past years. Additionally, this research aim to discover whether the options of the strategies can effect the feelings of trust, brand attitude, and loyalty intentions of the customers that visits the store. Convenience sampling was used in this research and the samples were distributed around the city of Jakarta. Statitiscal Package for Sciences SPSS was used in this research to test the hypothesis. The results inferred that the combination of customer focus strategy with the communal relationship, provide the most effective outcome.

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan di mana lebih efektif dalam meningkatkan konsep toko yang lebih baik bila toko menggunakan strategi fokus pelanggan atau strategi yang berfokus pada merek. Dalam kombinasi dengan hubungan yang digunakan dalam strategi, yang akan menghasilkan kombinasi yang lebih efektif antara hubungan komunal atau pertukaran. Penelitian ini dilengkapi dengan Barang Dept menjadi salah satu toko yang sering melakukan remodelling di tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pilihan strategi tersebut dapat mempengaruhi perasaan percaya, sikap merek, dan niat loyalitas pelanggan yang mengunjungi toko. Kenyamanan pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini dan sampelnya didistribusikan ke seluruh kota Jakarta. Paket Statitiscal for Sciences SPSS digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Hasil disimpulkan bahwa kombinasi strategi fokus pelanggan dengan hubungan komunal, memberikan hasil yang paling efektif."
2017
S68297
Uni Sunkay - Skripsi Membership  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Almira Zhafarina
"Ditengah persaingan perusahaan online to offline saat ini, perusahaan harus mencari cara yang dapat membantunya dalam upaya membangun hubungan baik serta mempertahankan pelanggannya. Salah satu cara yang digunakan dalam membantu upaya tersebut adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, kini kegiatan CRM juga dapat dilakukan oleh perusahaan melalui media sosial, salah satunya Twitter.
Dalam penulisan ini, akan membahas mengenai apa saja kegiatan serta bagaimana pengaplikasian kegiatan CRM dalam Grab Indonesia. Adapun kegiatan serta pengaplikasian tersebut dilihat dari model praktik PR apa saja yang digunakan dan serta indikator relasi apa saja yang terjalin dalam kanal media sosial Twitternya. Pada pengaplikasian kegiatannya, Grab Indonesia menggunakan keseluruhan model praktik PR serta mampu menerapkan keenam indikator relasi dengan pelanggan dalam platform tersebut.

In the midst of online to offline sales competitions, corporations should manage their ways to build good relationship and maintain customer loyalty. Customer Relationship Management (CRM) could be the way to achieve those goals. In the new media world, CRM can be used within the social media applications, for example in Twitter.
This paper will analyze what the activities and how the applications of CRM is being done in Grab Indonesias Twitter account. The activities and the applications of CRM in this platform will refer to the PR practice models and relation indicators. From this paper, it can be concluded that Grab Indonesia uses all of PR practice models and also uses all six relation indicators with its consumers on their media platform.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sunda Kayo, 2018
MK-pdf
Uni Sunkay - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Sunda Kayo Library
cover
Johanes Adrian Dosiwoda
"ABSTRAK
Allianz Indonesia menerapkan computer mediated communication CMC dalam bentuk interactive voice response IVR untuk membangun hubungan dan meningkatkan loyalitas dengan pelanggannya yang berada pada kelas sosial ekonomi menengah ke bawah. CMC membentuk pola komunikasi hiperpersonal yang memiliki kemampuan membangun hubungan lebih baik dari komunikasi tatap muka. Hasil penelitian kuantitatif ini menyarankan bahwa penerapan pola komunikasi hiperpersonal di segmen menengah ke bawah memerlukan strategi pesan yang relevan dengan preferensi penerimanya sehingga menarik, membuat penerimanya: melakukan atribusi dan menemukan kesamaan dengan karakter serta memungkinkannya untuk menindaklanjuti pesan. Pengirim pesan perlu memperhatikan tujuan komunikasi hiperpersonal untuk membangun hubungan, bukan untuk tujuan transaksional.

ABSTRACT
Allianz Indonesia implemented computer mediated communication CMC in the form of an interactive voice response IVR to build relationships and increase loyalty with its customers in the middle low market segment. CMC forms a hyperpersonal communication effect that has the ability to build better relationships than face to face communication. The results of this quantitative study suggest that the application of hyperpersonal communication in the middle low market segment requires message strategy relevant to the recipient 39 s preference so it is attractive, triggers attribution and similarity process and enable them proactively conduct follow up actions. Sender needs to stick to the purpose of hyperpersonal communication to build relationships, not for transactional purposes."
2017
T48797
Uni Sunkay - Tesis Membership  Universitas Sunda Kayo Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>