Uni Sunkay - Makalah dan Kertas Kerja :: Back

Uni Sunkay - Makalah dan Kertas Kerja :: Back

Pemahaman Siswa Tuli di SMPLB Terhadap Teks Bacaan Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran Sekolah = Deaf Students in Special Needs Junior High Schools (SMPLB) Understanding of Indonesian Language Reading Texts in School Textbooks

Ayyubie Cantika Yuranda; Mohammad Umar Muslim, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Sunda Kayo, 2025)

 Abstract

Pemahaman bacaan terhadap teks bahasa Indonesia adalah hal yang penting bagi anak Tuli untuk dapat terhubung dengan masyarakat mayoritas. Akan tetapi, tidak banyak penelitian yang membahas tingkat pemahaman siswa Tuli terhadap teks bacaan bahasa Indonesia. Penelitian ini melihat dan mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa Tuli terhadap teks bacaan bahasa Indonesia dalam buku teks pelajaran. Penelitian melibatkan 36 partisipan siswa kelas 1—3 SMP dari 3 buah Sekolah Luar Biasa kategori Tuli (SMPLB-B). Partisipan diberikan tes dengan instrumen yang diambil dari buku pelajaran yang dibuat khusus untuk siswa SMPLB-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa Tuli dalam memahami teks bacaan dalam bahasa Indonesia masih rendah dan tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa tingkat tinggi dengan siswa tingkat rendah. Beberapa faktor demografi maupun faktor eksternal dicurigai berpengaruh pada tingkat pemahaman siswa dan untuk mengetahui hal tersebut dibutuhkan penelitian lebih lanjut.
Reading comprehension of Indonesian texts is crucial for Deaf children to connect with the majority society. However, limited research has explored the reading comprehension levels of Deaf students in Indonesian texts. This study examines and describes the reading comprehension levels of Deaf students in Indonesian texts in the school textbooks. The study involved 36 participants, consisting of first- to third-grade junior high school students from three special schools in the Deaf category (SMPLB-B). The participants were given tests using instruments derived from textbooks specifically designed for SMPLB-B students. The findings reveal that Deaf students' ability to comprehend Indonesian texts remains low, with no significant differences between higher-level and lower-level students. Several demographic and external factors are suspected to influence students' comprehension levels, necessitating further research to investigate these factors.

 Digital Files: 1

Shelf
 MK-Ayyubie Cantika Yuranda.pdf :: Download

LOGIN required

 Metadata

Collection Type : Uni Sunkay - Makalah dan Kertas Kerja
Call Number : MK-pdf
Main entry-Personal name :
Additional entry-Personal name :
Additional entry-Corporate name :
Study Program :
Subject :
Publishing : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Sunda Kayo, 2025
Physical Description xi, 41 pages, illustration + appendix
Holding Institution Universitas Sunda Kayo
Location Perpustakaan Uni Sunkay
  • Availability
  • Review
  • Cover
Call Number Barcode Number Availability
MK-pdf 11-25-76343636 TERSEDIA
Review:
No review available for this collection: 9999920567085
Cover